Cara Membuat Form Input, Edit, dan Delete pada PHP MySQLi

Post oleh : Satria Risky | Rilis : 23.09 | Series :




Kali ini saya akan membagikan tutorial pada kalian bagaimana cara membuat form input, edit, dan delete dengan php MySQLi di sini. Saya akan menjelaskan secara ringkas saja, agar tidak terlalu panjang. Teman- teman bisa memahaminya secara langsung dengan mempraktekkannya. Berikut langkah- langkahnya, silahkan mencoba.

1.    Pastikan sudah menginstal Xampp di pc Anda, dan nyalakan Apache dan Mysql, di sini saya menggunakan port 82. Kalau ingin mengubah portnya bisa lihat di laman ini.




 
2. Masuk ke admin dengan membuka browser di pc Anda, lalu ketikkan "localhost:82/phpmyadmin" atau"localhost/phpmyadmin", lalu buatlah database baru seperti berikut.


3.    Kalau sudah, buatlah susunan file dalam sebuah folder di dalam folder xampp/htdocs seperti berikut.
4.    Selanjutnya.

5.    Buka text editor Anda(notepad, notepad++, sublime text, dll) dan tuliskan sintak berikut di dalam file conn.php. Di sini saya juga menggunakan kode otomatis sehingga kodenya bisa lebih variatif.

6.    Tuliskan sintak berikut di dalam file index.php.

7.    Tuliskan sintak berikut di dalam file input.php.

8.    Tuliskan sintak berikut di dalam file edit.php.

9.    Tuliskan sintak berikut di dalam file delete.php.

7.    Jika sudah coba jalankan di browser Anda, jika masih ada yang erorr lihat kembali sintaknya mungkin ada yang kurang. Bila kurang jelas bisa langsung download source codenya di sini.

Berikut adalah tampilan index.php setelah saya masukan data.


Sekian dulu dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Jangan menyerah untuk belajar dan berkreasi ya. Salam sobat.


Sebuah pohon dikenal karena buahnya

Wanita terkenal hebat ketika suaminya miskin

Seorang suami terkenal setia saat temannya sengsara(dia setia membantu)

Orang mukmin dikenal teguh memegang keyakinannya saat dapat cobaan